Saturday, 31 March 2018

DINAMIKA KELOMPOK

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Dengan memberikan permainan-permainan diharapan akan membangun sikap sosial siswa dimana siswa mampu menjalin kerjasama, membangun sportivitas, saling percaya dan tolong-menolong. Selain itu juga mengembangkan sikap pribadi, seperti percaya diri dan menguatkan mental anak menghadapi tekanan sosial, termasuk mengelola emosi yang dapat diterima kelompok. Selain itu, dengan melakukan permainan, akan dapat  mengembangkan moralitas siswa, dimana siswa belajar menilai mana yang baik dan tidak baik. Misalnya, ada siswa yang bermain curang pasti teman-temannya akan memberi hukuman moral dengan tidak mengikutkan anak yang curang dalam permainan. Oleh sebab itu dalam penulisan makalah ini, penulis akan membahas dan menjelaskan mengenai salah satu permainan modern modifikasi yang cocok diterapakan di dalam pembelajaran pendidikan jasmani yaitu permainan memecahkan balon berisi air .

1.2 Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang telah dipaparkan diatas adapun rumusan masalah yaitu :
a.    Apa itu permainan memecahkan balon berisi air?
b.    Bagaimana melakukan permainan memecahkan balon berisi air?

1.3 Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang disampaikan di atas, tujuan yang ingin dicapai yaitu :
a.    Untuk mendeskripsikan tentang permainan memecahkan balon berisi air .
b.    Untuk memahami dan mengerti dalam memainkan permainan memecahkan balon berisi air .
.

1.4         Manfaat
Sesuai dengan tujuan yang disampaikan di atas, maka manfaat yang diperoleh yaitu :
a.      Bagi penulis
Makalah ini kami buat untuk  memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Dinamika Kelompok dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kami mengenai permainan memecahkan balon berisi air . Selain itu juga, agar kami menjadi terbiasa untuk membuat dan menyusun karya tulis sebagai acuan dan pembelajaran dalam pembuatan tugas akhir skripsi.

b.   Bagi pembaca
Makalah ini kami harapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai materi yang kami bahas dalam makalah ini.

                                                                                                              
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Permainan memecahkan balon berisi air .
Game memecahkan balon berisi air adalah salah satu dari permainan modern yang menekankan pada kerjasama tim/kelompok. Peserta pada permainan ini diharuskan untuk memecahkan balon berisi air yang di letakkan di atas pohon.
Permainan memecahkan balon berisi air ini diperlukan kerjasama tim untuk mencapai tujuan. Namun, penekanannya ada pada bagaimana tanggung jawab setiap personel/peserta mempengaruhi prestasi kelompok. Karena setiap pemain mendapat tugas .

2.2 Cara memainkan permainan memecahkan balon berisi air .
Untuk dapat memainkan permainan ini tidak terlalu sulit, akan tetapi beberapa hal yang harus dipenuhi dan diperhatikan.

a.    Pemain
Permainan memecahkan balon berisi air ini satu pemain ditutup matanya sedangkan 2 orang anggota mengarahkan.

b.    Peralatan yang dibutuhkan
1.    Balon
2.    Tali rafia
3.    kayu kecil
4.    jarum pentul

c.    Pemain
1.    Pemukul                    : Rinaldi Aditama
2.    Pengarah                  : Neli Nuraini & Sifa Khairunnisa

d.    Lapangan
Lapangan permainan berupa lapangan terbuka yang cukup untuk pergerakan dari kelompok untuk bermain permainan. Tempat berjalan  untuk melakukan permainan memecahkan balon berisi air.

e.    Jalannya permainan
Pada permainan memecahkan balon berisi air para anggota kelompok lain harus memberikan arahan agar si pemain yang tertutup matanya tepat sasaran

f.     Waktu permainan
Permainan ini dilakukan selama 2-5 menit dan permainan memecahkan balon berisi air ini berlangsung selama satu kali.

g.    Aturan permainan
Pemain harus memecahkan balon berisi air dengan mata tertutup dan harus mendengarkan arahan positif maupun negative dari anggota kelompoknya.

h.    Manfaat permainan
Permainan memecahkan balon berisi air memiliki manfaat yaitu sebagai berikut :
  • Kerjasama team/kelompok.
  • Mengatur cara kerja yang efektif.
  • Pembagian tugas/menempatkan personil dengan tepat.
  • Kekompakan antar anggota team/kelompok.
Kaitan antara permainan memecahkan balon berisi air dengan bimbingan konseling
1.    Balon diibaratkan sebagai klien  sedangkan
2.    air yang berada di dalam balon diibaratkan permasalahan yang ada pada klien
3.    pemukul balon diibaratkan sebagai guru BK
4.    pemain lain yang memerikan arahan adalah sebagai faktor pitif dan negative yang timbul ketika proses konseling terjadi


BAB III
PENUTUP

3.1    Simpulan

memecahkan balon berisi air ini adalah salah satu dari permainan modern yang menekankan pada kerjasama tim/kelompok. Peserta pada permainan ini diharuskan untuk memecahkan balon dengan mata tertutup. Arahaan dari anggota kelompok akan menambah keseruan dalam permainan ini.

No comments:

Post a Comment