BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana
untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Pembelajaran adalah proses
interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar
dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan
tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata
lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat
belajar dengan baik.
Dengan memberikan
permainan-permainan diharapan akan membangun sikap sosial siswa dimana siswa
mampu menjalin kerjasama, membangun sportivitas, saling percaya
dan tolong-menolong. Selain itu juga mengembangkan sikap pribadi, seperti
percaya diri dan menguatkan mental anak menghadapi tekanan sosial,
termasuk mengelola emosi yang dapat diterima kelompok. Selain itu, dengan
melakukan permainan, akan dapat
mengembangkan moralitas siswa, dimana siswa belajar menilai mana yang
baik dan tidak baik. Misalnya, ada siswa yang bermain curang pasti
teman-temannya akan memberi hukuman moral dengan tidak mengikutkan anak
yang curang dalam permainan.
Oleh sebab itu dalam penulisan makalah ini, penulis
akan membahas dan menjelaskan mengenai salah satu permainan modern modifikasi
yang cocok diterapakan di dalam pembelajaran pendidikan jasmani yaitu permainan memecahkan balon berisi air .
1.2 Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang yang telah
dipaparkan diatas adapun rumusan masalah yaitu :
a. Apa itu permainan memecahkan balon
berisi air?
b. Bagaimana melakukan permainan memecahkan balon berisi air?
1.3 Tujuan
Berdasarkan
rumusan masalah yang disampaikan di atas, tujuan yang ingin dicapai yaitu :
a. Untuk mendeskripsikan tentang
permainan memecahkan balon berisi air .
b. Untuk memahami dan mengerti dalam
memainkan permainan memecahkan balon berisi air .
.
1.4
Manfaat
Sesuai dengan tujuan yang
disampaikan di atas, maka manfaat yang diperoleh yaitu :
a. Bagi penulis
Makalah ini kami buat untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh
dosen pengampu mata kuliah Dinamika Kelompok dan juga dapat menambah wawasan
dan pengetahuan kami mengenai permainan memecahkan balon berisi air . Selain
itu juga, agar kami menjadi terbiasa untuk membuat dan menyusun karya tulis
sebagai acuan dan pembelajaran dalam pembuatan tugas akhir skripsi.
b. Bagi pembaca
Makalah ini kami harapkan dapat menjadi salah satu sumber
informasi sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai
materi yang kami bahas dalam makalah ini.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Permainan memecahkan balon berisi air
.
Game memecahkan balon berisi air adalah
salah satu dari permainan modern
yang menekankan pada kerjasama tim/kelompok. Peserta pada permainan ini
diharuskan untuk memecahkan balon berisi air yang di letakkan di atas pohon.
Permainan memecahkan balon berisi
air ini diperlukan kerjasama tim untuk mencapai tujuan. Namun, penekanannya ada
pada bagaimana tanggung jawab setiap personel/peserta mempengaruhi prestasi
kelompok. Karena setiap pemain mendapat tugas .
2.2 Cara memainkan permainan memecahkan
balon berisi air .
Untuk
dapat memainkan permainan ini tidak terlalu sulit, akan tetapi beberapa hal yang harus dipenuhi
dan diperhatikan.
a.
Pemain
Permainan memecahkan balon berisi air ini satu pemain ditutup matanya
sedangkan 2 orang anggota mengarahkan.
b.
Peralatan yang dibutuhkan
1.
Balon
2.
Tali
rafia
3. kayu kecil
4. jarum pentul
c.
Pemain
1. Pemukul : Rinaldi Aditama
2. Pengarah : Neli Nuraini & Sifa Khairunnisa
d.
Lapangan
Lapangan permainan berupa lapangan
terbuka yang cukup untuk pergerakan dari kelompok untuk bermain permainan. Tempat berjalan untuk melakukan permainan memecahkan balon berisi
air.
e.
Jalannya
permainan
Pada
permainan memecahkan balon berisi air para anggota kelompok lain harus
memberikan arahan agar si pemain yang tertutup matanya tepat sasaran
f.
Waktu permainan
Permainan
ini dilakukan selama 2-5 menit dan permainan memecahkan
balon berisi air ini berlangsung selama
satu kali.
g.
Aturan permainan
Pemain
harus memecahkan balon berisi air dengan mata tertutup dan harus mendengarkan
arahan positif maupun negative dari anggota kelompoknya.
h.
Manfaat permainan
Permainan memecahkan
balon berisi air memiliki manfaat yaitu sebagai berikut :
- Kerjasama
team/kelompok.
- Mengatur
cara kerja yang efektif.
- Pembagian tugas/menempatkan
personil dengan tepat.
- Kekompakan antar anggota
team/kelompok.
Kaitan antara permainan memecahkan
balon berisi air dengan bimbingan konseling
1. Balon diibaratkan sebagai klien sedangkan
2. air yang berada di dalam balon
diibaratkan permasalahan yang ada pada klien
3. pemukul balon diibaratkan sebagai
guru BK
4. pemain lain yang memerikan arahan
adalah sebagai faktor pitif dan negative yang timbul ketika proses konseling
terjadi
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
memecahkan balon berisi air ini
adalah salah satu dari permainan
modern yang menekankan pada kerjasama tim/kelompok. Peserta pada
permainan ini diharuskan untuk memecahkan balon dengan mata tertutup. Arahaan
dari anggota kelompok akan menambah keseruan dalam permainan ini.
No comments:
Post a Comment